Open GL


OpenGL (Open Graphics Library)  adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platform API untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun 3D. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitif sederhana. OpenGL dikembangkan oleh silicon graphic inc (SGI) pada tahun 1992 [2] dan secara luas digunakan dalam CADrealitas maya, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Ini juga digunakan dalam video game, yang bersaing dengan Direct3D di Microsoft Windows platform (lihat OpenGL vs Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi konsorsium nirlaba yaitu Khronos Group.

https://id.wikipedia.org/wiki/OpenGL



Open GL ( open Graphics Library) adalah API standar industri cross platform, dengan akselerasi perangkat keras, bahasa independen untuk memproduksi grafik 3D termasuk 2D. Komputer modern telah mendedikasikan GPU (Graphic Processing Unit) dengan memorinya sendiri untuk mempercepat rendering grafis. Open GL adalah antar muka perangkat lunak untuk perangkat keras grafik. Dengan kata lain, perintah render grafis Open GL yang dikeluarkan oleh aplikasi anda dapat diarahkan ke perangkat keras grafis.

http://www.dufatancom.id/2019/08/pengertian-opengl-dan-cara-kerjanya.html

Secara garis besar, OpenGL memiliki beberapa tahapan operasi pemrosesan. Tahap pertama adalah display list, yaitu pengguna bisa mengumpulkan beberapa perintah-perintah yang digunakan pada display listuntuk diproses pada nantinya. Tahap kedua adalah evaluator, yang melakukan evaluasi perintah polinomial nilai-nilai input untuk melakukan perhitungan pada kurva dan geometri permukaan. Tahap ketiga adalah per-vertex operations and primitive assembly, yaitu tahapan pemrosesan pada OpenGL di mana sekumpulan vertex ditransformasikan dan primitives dipotong dan dimasukkan ke dalam viewport untuk dilakukan proses rasterization. Tahap keempat adalah rasterization, di mana sekumpulan alamat frame-buffer dan nilai-nilai yang berkaitan dihasilkan dengan deskripsi dua dimensi baik mengenai titik, segmen garis, maupun poligon. Tahap terakhir adalah per-fragment operations, yang melibatkan perbaharuan tertentu pada frame-buffer berdasarkan nilai z yang telah disimpan dan yang akan dimasukkan, di mana nilai z ini berguna untuk z-buffering. Tahap ini juga melakukan perbaharuan tertentu pada frame-bufferberdasarkan pencampuran warna-warna pixel yang hendak diinput dengan warna yang disimpan, serta operasi-operasi logika lainnya pada nilai-nilai pixel. Data input bisa dalam bentuk kumpulan pixel maupun vertex, yang melewati tahap pertama dan diproses sebagai pixel dalam tahap pixel operations. Hasil tahapan ini bisa disimpan sebagai texture memory, untuk digunakan dalam tahap rasterization, atau dilakukan rasterization dan hasil fragmentasinya digabungkan ke dalam frame-buffer.

http://senigaming.blogspot.com/2017/05/pengertian-opengl-dan-cara-kerjanya.html

 

menampilkan grafis dengan OpenGL es

Menentukan bentuk

Mampu menentukan bentuk yang akan digambar dalam konteks tampilan OpenGL ES adalah langkah awal dalam membuat karya grafis terbaik Anda. Menggambar dengan OpenGL ES bisa menjadi sedikit rumit tanpa mengetahui beberapa hal dasar tentang bagaimana OpenGL ES mengharapkan Anda untuk menentukan objek grafis.

Tutorial ini menjelaskan sistem koordinat OpenGL ES yang terkait dengan layar perangkat Android, dasar-dasar penentuan bentuk, tampilan bentuk, serta penetapan segitiga dan persegi.

Menentukan segitiga

OpenGL ES memungkinkan Anda menentukan objek yang digambar menggunakan koordinat dalam ruang tiga dimensi. Jadi, sebelum menggambar segitiga, Anda harus menentukan koordinatnya. Pada OpenGL, cara yang umum dilakukan adalah menentukan array vertex dari jumlah floating point untuk koordinat. Agar mendapat efisiensi maksimum, tulis koordinat ini ke dalam bytebuffer yang diteruskan ke dalam pipeline grafis OpenGL ES untuk diproses.

https://developer.android.com/training/graphics/opengl?hl=id

 

OpenGL bisa Anda temukan pada beberapa platform yang berbeda seperti Windows, Android, VGA NVidia, maupun VGA AMD. Pemograman pada API juga digunakan untuk dapat melakukan interaksi dengan mesin grafik GPU atau Graphics Processing Unit untuk kemudian mengampilkan gambar ke layar monitor.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan istilah OpenGL pada VGA Card melalui sebuah aplikasi bernama GPU-Z serta mempunyai beberapa pesaing dalam hal API grafis, misalnya PHYSX, Cuda, dan juga Direct Compute. Sekadar informasi bahwa SGI (Silicon Graphics Inc) mulai mengembangkan OpenGL pada 1991. Kemudian rilis dan diperkenalkan ke publik pada Januari 1992

https://www.nesabamedia.com/pengertian-opengl-dan-opencl/

 

Link tugas rangkuman.

https://drive.google.com/file/d/11fDexL2tbCZ6NtvuJP8rgLaWU1Mjjn-Z/view?usp=drivesdk

 



Komentar